Diduga Kepala UPT Pertanian Kecamatan Monta Tilep Anggaran Bantuan Kelompok Tani


Bima, Gerbang timur,- Sejumlah kelompok tani di Kecamatan Monta Kabupaten Bima mengeluhkan ulah Kepala UPT Pertanian Kecamatan Monta. Keluhan beberapa kelompok tani tersebut terkait program anggaran bantuan bibit kedelai yang dianggarkan oleh pemerintah pusat untuk kesejahteraan para petani. Kelompok tani di Kecamatan Monta mengeluhkan tidak adanya transparansi yang dilakukan oleh BR selaku Kepala UPT Pertanian Kecamatan Monta terkait pembagian bibit kedelai tersebut.

Dari keterangan sumber yang merupakan salah satu ketua kelompok tani di Kecamatan Monta tersebut bahwa tahun 2017  Kecamatan Monta mendapat bantuan anggaran bibit kedelai dari pemerintah sejumlah RP. 44.131.500 perkelompok tani. Namun dalam pembuatan Rencana Usaha Kelompok Tani (RUK) oleh UPT tidak pernah melibatkan ketua kelompok tani, padahal dalam pembuatan rancangan tersebut kelompok tani wajib dilibatkan agar terciptanya kebersamaan dan untuk menghindari rasa saling mencurigai antar sesama.

Anehnya, Pihak UPT secara langsung terlibat dalam proses pencairan anggaran pengadaan bibit kedelai tersebut. Pihak UPT tidak pernah memberikan peluang kepada kelompok tani untuk membayar langsung ke penangkar sesuai dengan kebutuhan dalam RUK. Ironisnya lagi setelah dilakukan pencairan kemudian dialihkan sepihak oleh pihak UPT ke rekening penangkar tanpa sepengetahuan anggota kelompok tani selaku penerima manfaat. Kuat dugaan kami bahwa pihak UPT telah melakukan konspirasi jahat dengan penangkar bibit kedelai, ungkapnya.

Kelompok tani di Kecamatan Monta merasa ditipu dengan tidak adanya transparansi yg dilakukan oleh pihak UPT pertanian Kecamatan Monta. Belum lagi pihak UPT melakukan pemotongan masing-masing 250 Kg bibit kedelai dari 11 kelompok tani di Kecamatan Monta. Dalam hal ini Pihak UPT telah melakukan mark up anggaran bantuan kelompok tani yang merugikan negara sebanyak 300 Juta Rupiah, ungkap salah satu ketua kelompok tani yang merasa haknya diambil oleh pihak UPT Pertanian Kecamatan Monta.

Sementara itu di lain tempat, Media Gerbang Timur menemui BR Kepala UPT Pertanian Kecamatan Monta (19/12) untuk Mengkonfirmasi keterangan yang diberikan oleh sumber yang merupakan salah satu ketua kelompok tani di Kecamatan Monta. Kepada kami BR menuturkan bahwa isu tersebut tidak benar dan kami selaku pihak UPT tidak pernah melakukan hal-hal sebagaimana yang dibeberkan oleh sumber, tegasnya.

Lanjutnya, kalaupun ada masalah seperti yang dibeberkan tersebut, itu sudah di luar jangkauan kami selaku pengontrol. Ungkapnya. (Uba Gale)

No comments

Powered by Blogger.