Header Ads

Header ADS

Peringati Hari Pers Nasional (HPN 2019), Wagub NTB Harap Media Dukung Kondusifitas Daerah Pasca Gempa


Mataram” Gerbang Timur Bima. - Jelang peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari lusa, Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah curhat ke insan pers. Menurut dia, terkadang ada berita yang lebih heboh judulnya daripada isi. Hal itu disampaikan pada acara silaturahmi Wagub NTB dengan Insan Pers memperingati HPN 2019, di Gedung Sangkareang, Rabu (16/2).  Acara tersebut dihadiri beberapa pejabat eselon dua dan Plt Karo Humas Najamudin S.Sos jadi moderator.

“Berita jangan hanya judul. Kadang judul tidak sesuai dengan isi. Dia berharap agar pemberitaan pers di NTB ikut mendukung kondusifitas daerah. Jangan membuat berita yang menimbulkan ketakutan di masyarakat. Apalagi sampai tamu luar daerah sampai takut datang ke NTB.” ujarnya

Seperti kasus rabies yang akhir-akhir ini cukup ramai diberitakan. Padahal sebaran penyakit tersebut hanya di titik tertentu di NTB. Hanya di Kabupaten Dompu yang dinyatakan sebagai wilayah KLB (keadaan luar biasa). 

Sementara di Lombok sendiri aman-aman saja. Meski menurut Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Hj Budhi Septiani, Lombok dalam status siaga. Demikian juga dengan penanganan hunian tetap warga pasca gempa. Dia berharap pemberitaan pers tidak berlebihan. Karena jika dibanding dengan daerah lain yang pernah mengalami hal yang sama, progres penanganan pasca gempa di NTB sangat bagus.

dibandingkan dengan yang lain. Inilah yang paling cepat dan yang terbaik. Media jangan senang mengambil frame negatif saja. Pemerintah memang butuh dikritisi. Butuh dikasih masukan. Tapi yang proporsional,” harapnya 

“Pekerjaan rehab rekon ini tambah Wagub butuh waktu dan akuntabilitas. Tidak mudah. Strukturnya harus baik. Tidak bisa asal-asalan. “Kita ini daerah rawan gempa terletak di cincin api,” tambahnya. 

Wagub menyadari peran pers yang sangat besar dalam mendukung NTB Gemilang. Karena itu dia berharap agar pers di NTB bisa menyampaikan informasi yang bisa membuat masyarakat jadi tenang. 

“Sampaikan berita apa adanya,” tandas mantan Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur ini. 

Sementara itu Kalak BPBD NTB Ir H Muhammad Rum menegaskan dana stimulan untuk korban bencana tanpa bunga.” Berapa lamanya dana tersebut di tabungan tidak akan dikenakan bunga,” tandasnya menepis kecurigaan pengendapan yang muncul selama ini. (GT/02)

No comments

Powered by Blogger.