Puncak HUT Bima 379, IDP Ajak Semua Pihak Wujudkan Harapan Bima Ramah

Momen Puncak acara hari Jadi Bima ke - 379 berlangaung di Halaman Kantor Bupati Bima
Kabupaten Bima.- Momen puncak hari jadi Bima ke-379 tahun 2019 yang bertepatan dengan tanggal 5 Juli 2019, pemerintah Kabupaten Bima menggelar upacara peringatan yang digelar di halaman Kantor Bupati Bima, Jumat (5/7/2019). Hari jadi Bima tahun ini mengambil tema “Berkarya, Inofatif Wujudkan Bima Ramah”.

Pada momen tersebut, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE yang menjadi inspektur upacara mengatakan, di usia Bima yang tak muda lagi, dirinya bersama Drs. Dahlan M. Noer sebagai Bupati dan Wakil Bupati akan terus melakukan pembaharuan dengan melaksanakan amanah yang dititahkan oleh rakyat.

Dikatakannya, momentum hari jadi bukan hanya sekedar dijadikan media untuk muhibah kenangan tetapi harus lebih dari itu dengan memberikan hikmah yang agung yang diwariskan dari generasi ke generasi di tanah leluhur.

“Tugas kita melanjutkan estafet perjuangan pendahulu agar karya kita dicatat dengan tinta emas di lubuk hati yang paling dalam oleh generasi penerus kita sebagai era yang sangat menentukan masa depan menjadi lebih baik,” katanya.

Bupati berharap agar peringatan hari jadi Bima mengilhami bagi semua untuk menengok masa lalu sebagai sebuah mata rantai sejarah yang memberi hikmah pembelajaran guna menapaki masa kini dan masa yang akan datang.

Bupati yang akrab disapa Dinda ini mengungkapkan, di usia dana mbojo yang kini tak lagi muda lagi diharapkan memberikan energi dan spirit kesamaan harapan dalam bingkai kemuliaan cita-cita untuk meningkatkan derajat “Dou Labo Dana” yang dibingkai dalam Visi Bima Religius, Aman, Makmur Amanah dan Handal (RAMAH) yang menjadi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Bima saat ini.

Dilanjutkannya, dengan visi misi tersebut meniscayakan perjuangan berkelanjutan serta kesanggupan untuk menselarasi perkembangan kehidupan yang serba modern serta aneka kecenderungan dan perubahan pola pikir dan pola hidup masyarakat, dengan meneguhkan esensi ajaran agama dengan menjadikan hukum sebagai panglima, menjaga tatanan nilai dan soliditas, merawat kerifan budaya local, memberikan ruang dan memupuk partisipasi, serta menjalin sinergi antara satu dan lainnya.

Bupati Bima menekankan agar karya dan inovasi ASN di semua leading sector untuk menghimpun energi yang masih terserak menjadi energi solid, yang dibarengi dengan efektifitas dan efisiensi system dan prosedur serta kesanggupan menunjukkan jati diri sebagai aparatur yang memiliki kemapanan dalam arti luas yakni mendidik serta mengayomi masyarakat dengan menjadi anak kunci pelayanan dan pemberdayaan.

“Dengan demikian pada akhirnya masyarakat dapat memperoleh pelayanan prima, cepat, tepat dan akurat serta setiap program yang direalisasikan dapat secara nyata memberi dampak kebaikan dan perbaikan dalam kehidupan masyarakat,” ungkapnya.

Untuk Itu, Pemerintah Kabupaten Bima terus berbenah diri, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berupaya giat mengelola dan mengembangkan segala bentuk potensi secara maksimal dan terpadu guna membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan yang pada akhirnya dapat memberikan daya dukung peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap melalui HUT Bima ini, mari kita bergandengan tangan, merapatkan barisan dalam membangun daerah kita kearah yang lebih baik,” harapnya.
Upacara yanh berlangsung khidmat tersebut turut dihadiri Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han, Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer, Pimpinan dan Segenap Anggota DPRD Kabupaten dan Kota Bima, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bima dan Kota Bima, Ketua Pengadilan Negeri Raba Bima, Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Pimpinan Instansi Lingkup Pemerintah Kota Bima dan Kabupaten Bima.

Selain itu, hadir pula Jenateke (Putra Mahkota) Kesultanan Bima, Muhammad Putera Ferryandi, kemudian sesepuh masyarakat Bima, majelis adat dana mbojo, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Dari para undangan juga hadir sejumlah paguyuban etnis nsantara; para pejabat sipil, TNI dan Polri, pimpinan Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bima, Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Bima, Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Perguruan Tinggi, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Insan Pers, Camat, Muspika dan UPT Dinas, Para Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Ketua BPD. (Im) 

No comments

Powered by Blogger.