-->

Cegah Konflik, Pihak SMAN 1 Belo Adakan Pertemuan

Kepala SMAN 1 Belo Bahas Konflik Antar Pelajar Bersama Perwakilan Desa Ngali dan Desa Renda

Bima, Gerbang Timur,- Perkelahian antar pelajar yang membias terjadinya konflik antara Desa Ngali dan Desa Renda, pihak sekolah dengan cepat melakukan langkah pencegahan. Hari Selasa (7/11) kemarin, pihak sekolah melakukan pertemuan dengan perwakilan sejumlah tokoh dikedua desa konflik tersebut.

Menurut Ketua BPD Desa Ngali Ismail DN, konflik yang terjadi antara Desa Ngali dan Desa Renda sangat sulit dipecahkan karena kedua desa tersebut memiliki watak yang keras. Kedua desa itu, sangat cepat merespon kejadian sehingga memicu terjadinya pertikaian. ”Sulit untuk meredam kedua desa ini jika tidak ada keseriusan kita semua untuk mencegah, terutama aparat Polres Bima dan Pemkab Bima,” ujarnya.

Ismail menegaskan, Pihak yang berwenang harus melakukan langkah pencegahan dini dari pada melakukan pengamanan saat konflik. Karena sangat sulit jika sudah konflik lalu kita ikut terlibat meredam situasi. ”Sosialisasi penyadaran hukum sangat perlu dilakukan secara besar-besaran di kedua desa hingga adanya kesadaran kolektif masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, konflik bisa terjadi dari banyak faktor, salah satunya kurangnya sentuhan yang dilakukan oleh pemerintah dan aparat kepada warga. Ia menilai adanya sekat antara tokoh-tokoh, termasuk peran Muspika kurang maksimal dalam persoalan konflik ini.” paparnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Belo Mustamin S.pd meminta kepada kedua belah pihak untuk menjaga keamanan. Jika konflik terus terjadi, maka efektivitas belajar mengajar siswa  akan terganggu. ”Jangan sampai konflik yang berkepanjangan akan merugikan anak didik kita. ini tidak baik bagi perkembangan kecerdasan anak kita jika di didik dengan cara konflik. Anak kita ini adalah tunas bangsa yang harus dijaga kesuburannya,” paparnya.

Peran aktif para tokoh masyarakat, pemuda dan ulama sangat diperlukan untuk langkah pencegahan. Bisa dilakukan di mesjid atau melalui kegiatan sosial lainnya. ”kita semua pasti ingin aman tapi tetap saja masalah ini membias. Ini yang perlu kita urai bersama agar kita tidak terprovokasi,” jelasnya. (Uba Gale)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cegah Konflik, Pihak SMAN 1 Belo Adakan Pertemuan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel