-->

Super! Soal ADD, LSM Lidik Bidik Desa Sanolo

Bima, Gerbang Timur,-  Penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun 2016 Di Desa Sanolo Kecamatan Bolo Kabupaten Bima disinyalir dimanfaatkan oleh oknum Kades, Mahfud Hasan. Terciumnya indikasi ini setelah LSM Lidik melakukan Investigasi di desa Sanolo.
Kepada Wartawan Gerbang Timur, Ketua LSM Lidik Sirnawan S.Kom, SH mengungkapkan adanya penyimpangan yang dilakukan kades  Sanolo pada tahun anggaran 2016. Indikasi itu terungkap pada item pengerjaan 80 unit WC dengan total anggaran sebanyak Rp. 55 Juta. Hingga saat ini, data lapangan yang diperoleh, belum adanya pengerjaan fisik sama sekali oleh pemerintah desa setempat. ”Awalnya kami mendapatkan informasi dari warga setempat. Setelah kami turun ke desa, ternyata benar. Kami tidak menemukan adanya pembangunan fisik seperti yang tertuang dalam RAB Tahun anggaran 2016,” bebernya, Selasa (7/11) sore tadi.

Hasil data investigasi itu, LSM Lidik mengumpulkan termasuk pernyataan warga terkait pengelolaan ADD selama ini tidak transparan. Bahkan warga menilai kades mengelola ADD tanpa meminta bantuan aparatur desa. ”Termasuk item pengerjaan WC, diduga kuat kades yang menikmati uang tersebut,” ungkap Ketua LSM Lidik.
Untuk masalah ini, LSM Lidik sudah siapkan laporan untuk diserahkan ke Kejaksaan Raba Bima. Menurutnya, sangat penting LSM di Bima untuk mengawasi kegiatan Desa saat ini. Apalagi saat ini, sudah 900 Kepala Desa yang ditangkap terkait korupsi ADD di Indonesia. ”Kita tidak main-main soal ini, dalam waktu dekat kami akan ke Kejari Bima untuk melaporkan Kades Sanolo,” tegasnya.

Kades Sanolo yang diwawancarai Via Handphone mengaku anggaran tersebut sudah digunakan untuk pembangun WC. hanya saja, dalam RAB ada kesalahan tekhnis hitungan material sehingga mengurangi volume pengerjaan. ”Tidak ada maslah di sini, kami sudah kerjakan,” elaknya.
Lanjutnya, memang ada sedikit problem, namun sudah disarankan oleh tim Inspiktorat dan BPKP untuk mengerjakan ulang beberapa fisik bangunan yang tidak beres. ”Kalau ada kekeliruan, inspiktorat akan memberikan peringatan kepada kami untuk memperbaiki,” katanya. (Ryan/Imam)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Super! Soal ADD, LSM Lidik Bidik Desa Sanolo"

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel