Waow!!! Diduga Kepala SDN Ncera tilep Anggaran Program Indonesia Pintar

Siti Salmah S.Ag.,M.Si (Kepala SDN Ncera)

Bima, Gerbang Timur,- "Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu Program Nasional yang dilakukan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015/2019 yang bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi pendidikan dasar dan menengah demi melanjutkan pendidikan yang ditandai dengan menurunnya angka putus sekolah dan angka yang melanjutkan sekolah.

Juga program Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah pemberian bantuan tunai oleh pemerintah kepada seluruh anak usia pendidikan sekolah mulai dari umur 6 sampai 21 tahun yang diperuntukan bagi keluarga miskin.

Lain halnya yang dilakukan oleh kepala SDN Ncera dan bendaharanya. Pada tahun ajaran 2015-2016 SDN Ncera mendapat dana bantuan PIP sebesar Rp. 91.350.000 yang diperuntukan bagi 219 siswa pada untuk 2015, dan Rp. 65.250.000 diperuntukan bagi 175 siswa untuk tahun 2016.

Dana bantuan tersebut seharusnya diperuntukkan bagi siswa miskin atau siswa khusus pemegang Kartu Indonesia pintar (KIP), namun pihak sekolah hanya memberikan uang 50 Ribu Rupiah sampai 100 Ribu Rupiah kepada siswa pemilik KIP. Bahkan ada yang tidak mendapatkan sama sekali dana bantuan tersebut sewalaupun mereka memiliki KIP.

Berdasarkan pengakuan salah seorang wali wurid pada saat ditemui oleh Media Gerbang Timur dikediamannya beberapa waktu lalu, pengakuan Mainah (40) orang tua siswa Rahmatul imam anaknya selama ini tidak pernah mendapat dana bantuan PIP padahal anaknya memiliki KIP. "Anak saya memegang KIP selama menjadi siswa di SDN Ncera tetapi anak saya tidak pernah mendapatkan dana bantuan apapun dari sekolahnya," terangnya.

Tidak hanya itu wali murid lainnya Aminah (35) juga mengakui terkait minimnya dana bantuan PIP dari sekolah yang diterima oleh kedua anaknya yang sedang menuntut ilmu di SDN Ncera yang hanya mendapatkan 50 Ribu Rupiah saja setiap tahunnya yang diberikan oleh sekolah dari dana bantuan PIP jika dibandingkan dengan teman-temannya yang lain yang mendapat Rp.225 Ribu sampai Rp.400 Ribu persiswa. "Padahal kedua anak saya sama-sama memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) seperti teman-temannya yang lain," ungkapnya.

sementara itu pihak Kepala SDN Ncera yang kami Konfirmasi via telepon seluler (17/02) menjelaskan terkait pembagian dana bantuan PIP yang tidak adil dan merata di SDN Ncera tersebut tidak ada masalah sama sekali. "Hanya saja masalah itu dibesar-besarkan oleh pihak tertentu, kami tidak pernah memotong dana bantuan dari pemerintah yang diperuntukan bagi siswa," jelasnya. (Uba Gale)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Waow!!! Diduga Kepala SDN Ncera tilep Anggaran Program Indonesia Pintar"

  1. Apakah informasi ini cukup akurat atau sekedar berita hoaxs ? Apakah nara sumber benar benar diwawancara sebelum di publikasikan atau sekedar ditulis namanya aja padahal mereka tdk pernah membuat pernyataan apapun terkait masalah PIP ?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel