-->

RS HK Mataram, Terus Tingkatkan Pelayanan Pasca Gempa Bumi Lombok




RS HK Mataram,Terus tingkatkan pelayanan
Paska Gempa Bumi Lombok


Mataram" Gerbang Timur Bima- Pasca gempa bumi menguncang pulau Lombok berturut-turut beberapa minggu lalu, , yang berimplikasi pada ribuan kerusakan bangunan yang berada di KLU dan di kota mataram sendiri, pasalnya, guncangan gempa tersebut mengakibatkan kerusakan bangunan serta rumah-rumah warga luluhlantah ikut di guncang gempa, termasuk beberapa bangunan rumah sakit di Lombok yang tidak tahan gempa ikut terkena guncangan gempa. (17/8)

Sementara rumah sakit yang tahan dari guncangan gempa kemarin adalah Rumah Sakit Harapan Keluarga (RS HK) Mataram, yang beralamat di JL. Ahmad Yani No.9, Selagalas, Sandubaya, kota Mataram, pascagempa dinyatakan sudah dianggap aman dari Gempabumi.

Hal itu diungkap oleh Kepala Humas Pemasaran RS HK dr. Ni Putu Indra Dewi pasca tim Fakultas Tekhnik Sipil Universitas Mataram (FTS Unram) tiga orang melakukan uji coba kelayakan pada rumah sakit tersebut, Kamis (16/08).

Saat di konfirmasi media secara bersamaan, "Kami dinyatakan sangat aman dan tidak ada kerusakan sedikitpun dalam struktur (Rumah Sakit) kami”, Terang Kepala Humas RS HK pada gerbangtimurbima.com pada Kamis (16/08) sore.

Uji kelayakan tersebut katanya dilakukan selama satu hari penuh dari pagi sampai sore. “Ini baru saja selesai. Ditilik langsung oleh tim dari Unram”, katanya.

Meskipun ada retakan akibat guncangan gempa 6,2 SR, 7,0 SR dan 6,4 SR berturut-turut, namun hanya pada dindingnya saja yang retak tidak termasuk struktur bangunannya.

“Karna retakan tersebut bukan termasuk struktur bangunan. Jadi retakan tersebut hanya perlu ditambal saja estetik bangunannya”, terangnya

"Untuk uji kelayakan bangunan bersama Pusat Mitigasi Bencana Fakultas Teknik Unram kesepakatan yg kami minta adl penilikan dan peninjauan langsung bangunan RSHK hari Kamis,16/08/18 dimana pada proses penilikan dan peninjauan tersebut yang dinilai adalah kerusakan bangunan meliputi lt. Basement smp lt. 8. Yang diperhatikan antara lain adl tangga utama,tangga darurat,"

Sementara tangga dadarurat, tembok, plafon, yang menjadi pokok utama dalan peninjauan serta penilikan tersebut menjadi penilaian struktur.

Hasil dari peninjauan tersebut, "bangunan RSHK sangat aman dan kokoh serta struktur bangunan  yg terkuat meskipun menopang 8 lantai. Kerusakan sementara adalah kerusakan ringan yaitu retak ringan dan sedang pada tembok pasca gempa kemarin, kerusakan plafon, dan kerusakan plester bangunan".

"Jadi tdk mengkhawatirkan, sesuai visi dan misi untuk mengembalikan fungsi pelayanan kami dengan adanya uji kelayakan tersebut berharap seluruh civitas dapat kembali menjalankan kegiatan pelayanan medis dan non medis di dalam ruangan".

Hal ini menjadi sebuah isu utama bagi RS HK sendiri, mengingat kondisi cuaca saat ini yg sudah masuk dalam musim penghujan. Sehingga sangat berharap pasien saat di RS HK menadapat pelayanan yang lebih layak. Serta di prioritaskan secara maksimal ruang IGD, ruang radiologi, poliklinik, laboratorium, dan farmasi dluar seperti stan pelayanan umum pendaftaran pasien, kasir, maupun customer service dan operator dapat kembali beroperasi dengan tenang di dalam bangunan RS HK sendiri, serta pelayanan terus terintegrasi secara optimal sesuai dengan visi dan misi RS HK "Your Health,Our Care" sehingga masyarakat sendiri akan mendapatkan service excellent yang sesungguhnya daei RS HK. Ucapnya (unj/gtb)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RS HK Mataram, Terus Tingkatkan Pelayanan Pasca Gempa Bumi Lombok"

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel