-->

Kodim 1608/ Bima Peduli Kelestarian Hutan, Prakarsai Penanaman 13.000 Pohon Di So Lano Madapangga


Kabupaten Bima" Gerbang Timur Bima.- Sebagai wujud komitmen dan kepedulian TNI terhadap kondisi kerusakan dan penyelamatan hutan di Kabupaten Bima, jajaran Kodim 1608/Bima, Penanaman dan penghijauan 13.000 pohon diatas lahan 50 hektar are di So Lano Desa Woro Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. Sabtu (05/01/2019)

Kegiatan penghijauan ini bekerjasama KPH Topo pajo Madapangga dengan Kodim 1608/Bima, yng melibatkan TNI, Polri,  Koramil, Pol PP,  Camat dan Staf,  diikuti oleh oleh Mahasiswa KKN Politeknik Husada Mataram,  Pramuka dan masyrakat. 

Komandan Kodim 1608/ Bima, Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra mengatakan, bahwa penghijauan  ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI dan stakeholder lain, dalam rangka  menyelamatkan kerusakan hutan. Menurutnya,  Meskipun 13.000 pohon yang ditanam belum bisa menutup gundulnya hutan diwilayah Woro, setidaknya sebagai langkah awal dan  upaya TNI dan masyarakat untuk menyelamatkan hutan. "Bila Mata Air Tak Lagi Tersisa, Tinggallah Tersisa Air Mata", Tuturnya

Dikatakannya, kegiatan penanaman pohon ini merupakan bentuk tanggung jawab kelompok masyarakat atas upaya pelestarian hutan, yang mana seperti kita ketahui bersama saat ini memang kondisi hutan harus dikendalikan dengan pola tanam yang produktif dan efektif.

"kalau kita tidak secepatnya melakukan penanaman pohon seperti yang dilakukan semua pihak ini maka tidak menutup kemungkinan kondisi hutan pun akan menjadi rusak hingga berdampak pada ekosistem," tambahnya 

Pada tempat yang sama Danramil 02/ Bolo, Kapten Ifantri Ibrahim menghimbau kepada masyarakat agar pohon -pohon yang sudah ditanam untuk dapat dijaga dan dirawat dengan seutuhnya. "Didalam setiap aktivitas kegiatan masyarakat di lokasi tersebut jangan sampai pohon - pohon yang sudah ditanam mendapat dampak tidak tumbuh dan berkembang dikarenakan terkena obat - obatan penyemprotan," tegasnya. 

"disetiap aktivitas kegiatan masyarakat, mereka harus berkoordinasi dengan Babinsa desa setempat agar dapat didampinalgi disaat melakukan kegiatan dimaksud," Pungkasnya

Pohon - pohon yang sudah ditanam sekarang, kami tetap turun mengontrol langsung di lokasi dalam 1 ( satu) kali seminggu + 6 ( enam) bulan. Hal tersebut kami lakukan demi mewujudkan pelestarian hutan, Ucapnya (GT/02)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kodim 1608/ Bima Peduli Kelestarian Hutan, Prakarsai Penanaman 13.000 Pohon Di So Lano Madapangga "

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel