Cegah Kebakaran Hutan, Personel Polsek Monta dan KPH Lakukan pemadaman api di Lahan Warga

Kabupaten Bima.- Personel polsek Monta bersama KPH wilayah monta parado (15/8) kamis pukul 19.00 wita melakukan pemadaman api di perbukitan tepatnya di so lamoti desa Simpasai dan desa Pela Kecamatan Monta Kabupaten Bima. 

Kapolsek Monta Iptu Takim mengatakan mendapat informasi kebakaran kita bersama jajarn personel polsek berkoordinasi dengan kepala resor KPH wilayah Simpasai parado turun cek langsung ke lokasi memadamkan api di perbukitan so Lamoti Desa Simpasai Kabupaten Bima. Guna antisipasi kebakaran hutan secara luas yang berdampak polusi selanjutnya personel dan kph tpmrw melakukan pemadaman dengan alat seadanya, sementara kebakaran tersebut diduga disengaja oleh pemilik lahan hutan jati dipenuhi semak belukar. 

“Kita turun cek langsung ke lokasi kebakaran bersama personel Polsek dan KPH, dilokasi tidak ditemukan satupun warga atau pemilik lahan sementara lahan tersebut dipenuhi pohon dan daun jati serta semak belukar yang mudah terbakar,”jelasnya.

Baca juga| Luar biasa Sinergitas TNI Polri Padamkan si jago merah di PTMHT Sumbawa

Guna antisipasi kebakaran hutan secara meluas, Kapolsek menjelaskan khusus untuk masyrakat kita berharap agar tidak melakukan aktifitas membakar ladang atau lahan yang menyebabkan kebakaran hutan secara meluas sehingga berdampak terjadi polusi, lanjutnya beberapa titik lokasi kebakaran tersebut berhasil dipadamkan, untuk itu sekaligus meneruskan himbauan dari pemerintah pusat KPH dan Pemerintah desa agar mengingatkan warganya agar tidak membakar lahan secara sembarangan. 

“Saya menghimbau kepada warga Se kecamatan Monta agar tidak membakar lahan secara sembarangan, karena memicu kebakaran hutan secara luas dan berdampak pada polusi,”ungkapnya

Sesuai himbauan pemerintah pusat aktifitas pembakaran hutan tidak boleh dilakukan, untuk itu khusus warga himbauan tersebut melalui pihak terkait kepada kepala resor KHP wilayah Monta parado agar menyampaikan kepada pihak pemerintah desa yakni kepala desa  untuk disampaikan ke warganya masing - masing.

"Kita rutin mengimbau, pihak Polsek Monta  sering menyampaikan lewat pengeras suara di mesjid selesai sholat jumat kepada warga agar tidak melakukan aktifitas membakar lahan,"ujarnya

Sementara Kepala Resor KPH wilayah Monta parado menjelaskan kategori kebakaran hutan tersebut bukan kebakaran hutan berat yang mengakibatkan kerusakan flora dan fauna di dalam hutan. Lokasi yang terbakar hanya daun jati yang juga lahan pohon jati warga Simpasai. 

“Lokasi kebakaran tersebut berada di dalam kawasan hutan tutupan negara dengan fungsi hutan lindung dan berada dlm kelompok hutan toffo rompu rtk 65,”tukasnya

Lanjutnya, berkat koordinasi dengan jajaran Polsek Monta bersama kph tpmrw kebakaran tersebut berhasil di padamkan. Untuk itu saya berharap semua kades agar menghimbau kepada masyrakat agar tidak sembarangan membakar hutan. Kedepan Kita berharap Penambahan tenaga polisi hutan, bantuan alat pemadam kebakaran.

“Surat himbauan kebakaran dan perladangan liar akan di sosialisasikan segera dilaksanakan kita sdh laporkan ke kepaka kph tpmrw di kantor induk di sila kec bolo.”tutupnya. (im/gt01)


No comments

Powered by Blogger.