Tim Puslitbang Polri Lakukan Supervisi Kinerja Layanan Polri Di NTB


Mataram.- Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Mabes Polri mendatangi sejumlah Polres di NTB, Senin 12 Agustus 2019. Kedatangan tim yang dipimpin oleh Kombes Pol Dadang Suwondo itu untuk melakukan penelitian dan supervisi terkait tingkat kepercayaan masyarakat di wilayah Polda NTB.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Purnama SIK yang dikonfirmasi media ini membenarkan hal tersebut.”Iya benar, kemarin di Polres Mataram dan Polres Lombok Barat,”ujarnya, Selasa 13 Agustus 2019 di Mataram.

Dijelaskan Purnama, Selain Dadang Suwondo selaku Ketua Tim Penelitian, adapula anggota yang mendampingi yakni Dr Vita Mayastinasari (Konsultan dari STIk PTIK), Pembina Dwi Irawati, dan Penata Ratna Wahyuningrati, serta petugas supervisi Ipda Aninditya Dichi Saptarini.

“Jadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat dari 5 fungsi layanan Kepolisian yang meliputi fungsi Lalu Lintas, Reserse, Intel, Binmas dan Sabhara,”terangnya.

Adapun 5 indikator pengungkit layanan yang dilihat, yakni bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan kesesuaian (conformance).”Sasaran dari penelitian tersebut adalah masyarakat yang berada diwilayah hokum Polda NTB dengan beberapa sempel penelitian,” ungkap Purnama.

Metode yang dilakukan dengan wawancara terhadap masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Mataram dengan memberikan quisioner.

 “(Quisioner) baik itu masyarakat yang sedang mengurus SIM , SKCK termasuk para tahanan di Polres Mataram,”tuturnya.
 “Tim juga melakukan hal yang sama dengan mendatangi Sat Pol PP kota mataram, SMKN 4 Mataram, IKIP Mataram. Pengisiannya dilakukan secara spontan saja,” imbuhnya.

Sedangkan untuk di wilayah hukum Polres Lombok Barat lebih lanjut diungkapkan Purnama, tim juga langsung melakukan sesi tanya jawab dan berdiskusi, pertanyaan dan diskusi.
Selesai diskusi dilanjutkan dengan pembagian quisioner kepada tahanan yang ada di rutan (rumah tahanan) Polres Lobar.

“Tim juga melaksanakan quisioner dengan masyarakat, termasuk mendatangi Kantor Sat Pol PP, Kantor Dinas Dukcapil setempat. Hasil quisioner ini menjadi acuan sebagai bahan penelitian pengembangan supervisi sejauh mana dan seperti apa tingkat kepuasan masyarakat tentang pelayanan Kepolisian,” demikian Purnama menambahkan. (red)

No comments

Powered by Blogger.