Kapolda NTB Dapat Gelar "PEMBAN WIRA JAGAD AJI BATARA" dari Tokoh adat Sasak Sembalun

Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana saat menghadiri acara Gawe Adat Nalet Kahwa 2019 
Lombok Timur.- Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM menghadiri acara GAWE ADAT NALET KAHWA 2019 di Rumah Adat Sembalun Bumbung Kec. Sembalun Kab. Lombok Timur yang disambut Tari Gandrung  sebagai ucapan selamat datang yang menggambarkan penyambutan kepada Tamu Agung yang datang ke rumah adat Sembalun. (29/9)

Acara ini diinisiasi oleh Budayawan NTB Paox Iben Mudhaffar yang ingin mengembalikan budaya menanam kopi yang sudah terkenal sejak dulu. Iben mengajak para stakeholders meningkatkan energi kehidupan di tanah para wali ini. 

Adanya penganugerahan gelar adat kepada Kapolda NTB dikandung maksud juga untuk menjaga alam tanah Sembalun. Menjaga Gunung Rinjani dan ekosistem alamnya agar tidak rusak karena Gunung Rinjani sebagai pasaknya bumi yang perlu dijaga lingkungan. Kita akan terus melestarikan adat Sembalun sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat adat dengan tidak  terpinggirkan oleh masyarakat pendatang.

Ninikda H. Purnipa selaku Ketua Krama Adat Sembalun mengharapkan Kapolda NTB untuk dapatnya menjaga masyarakat Sembalun dari gangguan budaya luar yang merusak seperti kejahatan narkoba dan lainnya. Sementara itu GM PT. PLN Bali-Nusra yang diwakili Bpk. Gorgeous Adiputranto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan Program Corporate Social Responsibility  (CSR)-nya PT. PLN (Persero) pada tahun 2019 yang mempunyai tanggung jawab terhadap masyarakat yang terdampak oleh pembangunan dengan melakukan Program Pemberian Bantuan berupa penghijauan lingkungan dengan menanam pohon kopi yang diupacarakan secara adat. PT. PlN Bali-Nusra juga mengapresiasi kehadiran Kapolda NTB dalam mendukung kegiatan program PT. PLN.

Kapolda NTB dan keluarga besar mengungkapkan rasa bahagiannya atas penganugerahan gelar adat Sembalun  yaitu PEMBAN WIRA JAGAD AJI BATARA untuk menjaga masyarakat, yang selaras dengan tugas pokok Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban. Irjen Pol Nana Sudjana yang sudah diangkat menjadi Pembina Adat, mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi dan kondisi kamtibmas yang dapat mendukung kehidupan dan kelestarian adat menuju NTB Gemilang.

Mencermati perkembangan kebakaran hutan Gunung Rinjani beberapa waktu yang lalu akibat kekeringan, Irjen Nana mengajak masyarakat untuk menjaga hutan Gunung Rinjani sebagai sumber kehidupan, termasuk adat istiadat dan budaya maupun para pemuda pelajar serta mahasiswa sehingga tidak terkikis apalagi mengganggu masyarakat.

Selain itu juga , Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol H. Purnama, S.I.K. Mengatakan  Acara diakhiri peninjauan budaya adat Sembalun dan makan siang bersama dirumah Krama Adat Sembalun serta para tokoh adat dan masyarakat.

Pemberian gelar ini semoga kamtibmas di sana dapat terjaga seiring dengan kearifan lokal budaya adat Sembalun. (rin) 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kapolda NTB Dapat Gelar "PEMBAN WIRA JAGAD AJI BATARA" dari Tokoh adat Sasak Sembalun"

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel