Tak Patut Dicontoh, Puskesmas Wera Jorok dan Dipenuhi Sampah

Terlihat kondisi bangunan luar (depan) Puskesmas Wera, ruangan dalam puskesmas ini selain jorok ditambah fasilitasnya rusak serta dipenuhi sampah berserakan (Foto/istimewa)
Kabupaten Bima.- Gerakan NTB Bersih melayani, slogan tersebut digadang untuk visi 5 tahunan Gubernur NTB Dr Zulkifliemansyah dan Sitti Rohmi Dzalillah menuju NTB Gemilang sepenuhnya belum terealisasi.

Kondisi demikian terlihat pada pusat pelayanan kesehatan masyrakat (Puskesmas) yang ada di kecamatan Wera Kabupaten Bima NTB. Minggu (8/9).

Untuk diketahui,  Program NTB Gemilang didukung oleh Program Unggulan Zero Waste atau gerakan bebas sampah  pelayanan bersih bebas sampah sepenuhnya belum terealisasi.

“Ruangan serta kamar pasien sangat kotor dan jorok, selain kondisi toilet (wc) yang tersumbat terdapat tumpukan sampah berserakan di dalam dan diluar bangunan Puskesmas,”Ungkap salah seoarang pasien.
Ia mengatakan, puskesmas sebagai pusat kesehatan tingkat pertama (PTKP) di kecamatan Wera tak sesuai dengan kondisi bangunan yang mewah ditambah sedikitnya tukang bersih - bersih (Cleaning service).

“Kita sangat terganggu, kondisi tersebut kurangnya (Cleaning service) disediakan pihak puskesmas berjumlah 1 orang,” tambahnya

Kondisi tersebut sangat miris ditambah persoalan fasilitas ruangan puskesmas memberi kesan tidak nyaman bagi para pasien yang datang merawat.

Sementara peraturan Menteri kesehatan No: 75 tahun 2014 bahwa puskesmas berfungsi untuk menyelenggarakan upaya kesehatan, hal demikian berbalik arah seharusnya memberi  pelayanan harus bersih serta memberi kesan nyaman bagi masyarakat yang datang merawat.

Tak hanya itu, pihak penyelenggara rumah sakit terlihat mengabaikan persoalan tersebut menambah buruk pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan tidak patut dicontohi.

Sementara Pihak Puskesmas melalui Kepala Puskesmas sebelum berita ini dinaikan, belum berhasil dikonfirmasi adanya peristiwa tersebut untuk di konfirmasi. (red)

0 Response to "Tak Patut Dicontoh, Puskesmas Wera Jorok dan Dipenuhi Sampah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel