Kapolda NTB Hadiri Pemusnahan Bahan Peledak Sisa Perang Dunia

Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS.,MM., didampingi Wakapolda NTB Brigjen Pol Drs. Tajuddin, pada kegiatan pemusnahan bahan peledak, di Lapangan Sat Brimob Polda NTB
Mataram.- Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menggelar pemusnahan massal barang bukti dan bahan peledak, berupa granat nanas dan bom ikan serta detonator di Lapangan Sat Brimob Polda NTB.
Sebagian dari ribuan bahan peledak itu, merupakan peninggalan perang dunia ke-2 serta hasil dari pengungkapan masing-masing Polres se-NTB. Kamis (10/10)

Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS.,MM., mengatakan pemusnahan bahan peledak atau disposal tersebut merupakan follow up dari perintah Kapolri kepada seluruh Polda se Indonesia untuk melakukan disposal di seluruh polda.

Lanjutnya, ledakan di gudang penyimpanan bahan peledak, di wilayah Polda Jawa Tengah pada tanggal 4 September lalu merupakan pelajaran besar bagi pihaknya sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi karena dampak dari ledakan itu sangat membahayakan masyarakat.

“Dari instruksi Mabes kepada kami dan seluruh Kapolres se-NTB untuk mengumpulkan seluruh bahan-bahan peledak yang ada di masing-masing Satker, serta kemudian dikumpulkan di markas Dansat Brimob Polda NTB,” ujar Kapolda NTB.

Irjen Pol Drs.Nana Sudjana menyebutkan dari  2064 bahan peledak itu terdiri dari 2000 detonator hasil dari pengungkapan, dan kemudian 64 bisa dikatakan yang terdiri dari, granat nanas serta bom ikan.

“Ini yang akan kita lakukan sekitar 2064 liter dari 2000 detonator rakitan hasil pengungkapan, kemudian 64 bahan peledak yang terdiri dari mortir dan pemilikan ini akan kita lakukan pemusnahan,” jelasnya.

Menurut Kapolda, bahan peledak yang didisposal di Polda Nusa Tenggara Barat rata-rata merupakan penemuan dari perang dunia.

“Bisa dikatakan bahan peledak atau mortir nanas adalah berusia ratusan tahun yang lalu karena memang sebanyak 64 ini merupakan bahan-bahan peledak perang dunia ke dua,” terang Irjen Pol Drs. Nana Sudjana.”

Setelah acara pemusnahan selesai Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS.,MM., didampingi Wakapolda NTB Brigjen Pol Drs. Tajuddin, bersama awak media, melakukan latihan menembak target. (uje)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kapolda NTB Hadiri Pemusnahan Bahan Peledak Sisa Perang Dunia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel