Kelompok Tenaga Kerja Mandiri (TKM) melalui Pendayagunaan TKS Kementerian Tenaga Kerja R.I Terima Bantuan Alat Usaha dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima


Penyerahan Bantuan Alat Usaha Kepada Kelompok Tenaga Kerja Mandiri di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima



Sebanyak 80 orang anggota kelompok Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Desmigratif desa Woro Kecamatan Madapangga dan desa Kole Kecamatan Ambalawi yang ditujukan kepada purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui pendampingan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (28/11) terima bantuan alat usaha olahan makanan di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima.

Ibu Suci yang merupakan salah satu penerima bantuan yang berasal dari desa Woro mengaku bahwa ia sangat berterima kasih kepada Kementerian Tenaga Kerja R.I dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bima yang telah mengadakan program ini, "kendala saya untuk memulai usaha adalah karena kekurangan modal dan tidak memiliki alat produksi, insyaAllah setelah menerima bantuan peralatan ini saya akan mencoba memulai usaha kecil-kecilan dulu," tuturnya dengan rasa haru.

Kepala Bidang Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Pengembangan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima Irfan H. M. Nor S.Sos mengatakan, berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja R.I Tahun 2019, kedua desa di Kabupaten Bima tersebut merupakan desa yang paling banyak menyuplai PMI sehingga ditunjuk untuk melaksankan program TKM (28/11).

"Program tersebut bersumber dari APBN melalui Kementerian Tenaga Kerja. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu keluarga PMI maupun Purna PMI yang sasarannya untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Sebelumnya seluruh kelompok TKM telah diberikan pembekalan dan mengikuti pelatihan selama 3 hari di desa masing-masing dan didampingi oleh Tenaga Kerja Sukarela (TKS) Kemnaker R.I." tambahnya.

"Dengan adanya program ini, mudah-mudahan Purna PMI yang sudah kembali ke kampung halaman tidak berencana untuk bekerja ke luar negeri lagi, karena pada hakekatnnya tujuan utama dari program ini adalah untuk menekan jumlah pengangguran dan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Bima pada umumnya," tuturnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kelompok Tenaga Kerja Mandiri (TKM) melalui Pendayagunaan TKS Kementerian Tenaga Kerja R.I Terima Bantuan Alat Usaha dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima"

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel