Kapolda NTB Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Gatarin 2019

Mataram.- Kepolisian daerah Nusa tenggara barat (Polda NTB) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Gatarin 2019 yang dipimpin oleh Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS.MM  Pada hari kamis tanggal 10 Desember 2019 bertempat di lapangan gajah mada Polda NTB.


Hadir pada apel gelar pasukan Operasi Lilin Gatarin 2019  forkopinda NTB, Irwasda, PJU Polda NTB, Kepala Dinas Instansi terkait serta undangan lainnya.

Dalam sambutan pada apel gelar pasukan operasi Lilin gatarin 2019  kapolda NTB membacakan amanat Kapolri yang antara lain mengatakan bahwa apel gelar pasukan diselengarakan secara serentak diseluruh jajaran yang bertujuan untuk memastikan kesiapan personil dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan serta menumbuhkan ketenangan, rasa aman bagi masyrakat dalam merayakan hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Operasi lilin 2019 merupakan operasi Kepolisian terpusat yang dilaksanakan selama 10 hari mulai  senin 23 Desember 2019 sampai dengan hari Rabu tanggl 1 Januari 2020 dengan fokus pengamanan 61.308 obyek diseluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan  bandara.

Apel tersebut dengan melibatkan 191.807 personil pengamamnan gabungan yang terdiri dari 121.358 oersonil Polri, 17.190 personil TNI, serta 55259 personil yang berasal dari instansi terkait antara lain Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, PMK, Linmas, Senkom, dan instansi lainnya.

Adapun titik Pos pengamaan 1.792, posyan 745, dan pos terpadu 45 titik, dan stragis  yang diterapkan dalam operasi ini adalah  mengepdepankan tindakan preemtif dan preventif yg didukung kegiatan intelijen dengan  diteksi dini dan diteksi aksi, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Kapolri dalam sambutan yg dibacakan Kapolda NTB mengatakan bahwan ada 12 potensi kerawanan yang harus diantisipasi yaitu aksi terorisme, kejahatan komfensional, kemacatan lalu lintas, kecelakaan transportasi, sweeping ormas, aksi penolakan peribadatan, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan tawuran, bencana alam, konvio dan balap liar, kebakaran akibat petasan, dan pesta narkoba maupun miras.

Berkaitan dengan hal tersebut Kapolri menyampsikan beberapa penekanan untuk dipedomani.

Pertama tetap jaga kesehatan serta niatkansetiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Kedua pastikan setiap personil hadir sesuai plottingan serta paham terhadap tugas dan tanggung jawab.

Ketiga kakukan diteksi dini dengan memetakan titik-titik  rawan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan body system.

Kelima, mantapkan kerja sama sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Kapolri mengucapkan terima kasih dan penhargaan kepada  seluruh personil dan pemangku kepentingan  yang terlibat dalam Operasi Lilin 2019, teriring doa semoga pengabdian tugas yang kita lakukcan dalam Operasi Lilin Tahun 2019, menjadi catatan amal ibadah dihadapan Tuhan Yang Maha Esa.

Setelah upacara dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti hasil sitaan  operas cipta kondisi berupa minuman beralkohol sebanyak 11.010 botol dari berbagai merek. Demikian direlis oleh Kabid Humas Polda NTB Akbp. Artanto S.I.K, M.Si. (uje)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kapolda NTB Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Gatarin 2019"

Post a Comment

Silahkan berkomentar, bebas tapi sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel